Home Events Hari Peduli Sampah Nasional Hadir di Pantai Losari

Hari Peduli Sampah Nasional Hadir di Pantai Losari

39
0
SHARE

Ada yang berbeda di anjungan Pantai Losari Kota Makassar pada hari Minggu 18 Maret 2018.  Tepat di acara Car Free Day, suasana di panggung anjungan tampak meriah dengan kehadiran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar yang didampingi oleh Walikota Plt Makassar H Syamsu Rizal dan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Beracun & Berbahaya Kementerian LHK Rosa Vivien Ratnawati, serta presenter TV Sandra Olga.

Kedatangan Menteri Siti Nubaya Bakar berkenaan dengan Program peringatan Hari Peduli Sampah Nasional dengan gerakan bebas sampah selama 3 bulan di kota-kota besar di Indonesia. Makassar adalah Kota ke-3 setelah Semarang dan Palembang.

Kegiatan diawali dengan kegiatan jalan kaki dari rumah dinas walikota yang dekat dengan kawasan Anjungan Pantai Losari pukul 07.00. Diiringi tarian tradisional dari pelajar-pelajar Kota Makassar dan karnaval budaya dari bahan-bahan daur ulang, rombongan menteri memasuki kawasan Pantai Losari dari langsung ke panggung utama.

Walikota Makassar Saymsu Rizal mengatakan bahwa produksi sampah Kota Makassar per hari berkisar 1200-1400 ton. “ Hal ini bisa menjadi masalah jika kita tidak mengantisipasi. Masalah sampah perlu diatasi dengan berbagai pihak di masyarakat. Mulai dari gerakan bank sampah, pengkomposan dan lainnya, “ ujar sosok yang disapa Daeng Ical ini.

Menteri Siti Nurbaya Bakar gembira dengan kegiatan tersebut. “ Saya berterima kasih kepada masyarakat Kota Makassar, terutama ibu-ibu yang aktif mengembangkan bank sampah. Dengan mengelola sampah, justru bisa membantu bayar iuran listrik, membantu keuangan keluarga. Anak-anak pelajar dan pramuka ayo kita jaga kebersihan dengan gerakan Lihat Sampah, Ambil!,” “ Mari kita jaga kebersihan laut. Kita jaga Pantai Losari ini agar tetap terjaga keindahannya, “ kata ibu menteri menambahkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan kegiatan pramuka melakukan praktek pengolahan sampah, pameran dan forum dialog.

Di salah satu sudut anjungan Pantai Losari forum dialog tentang sampah digelar. Menteri Siti nurbaya Bakar memberikan kata pembuka yang kemudian diadakan paparan oleh Sandra Olga dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Plt Mukthar Tahir. Kegiatan dialog ini diikuti oleh perwakilan dari kalangan ibu-ibu aktifis bank sampah dari kota dan kepulauan sekitar Makasaar, Pramuka dan pelajar dan mahasiswa.