Home Beauty Tingkatkan Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga, Bekraf Gelar Coding Mum

Tingkatkan Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga, Bekraf Gelar Coding Mum

179
0
SHARE

JAKARTA. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar program Coding Mum. Program yang meluncur sejak 24 Februari 2016 itu merupakan pelatihan bahasa pemrograman atawa coding di bidang teknogi informasi. Kusus singkat selama satu bulan itu secara khusus ditujukan bagi ibu rumah tangga.

Seiring perkembangan teknologi informasi, kebutuhan pemrogram alias programer untuk industri aplikasi digital terus meningkat. Misalnya, untuk membikin situs profil perusahaan, toko online, front-end untuk rendering data, maupun untuk menguji aplikasi berkaitan dengan user interface (UI) dan user experience (UX).

Menyasar ibu rumah tangga, program Coding Mum diharapkan bisa memberikan kesempatan kepada ibu rumah tangga untuk menjadi lebih berdaya guna di era teknologi informasi sebagai tenaga kerja pemrogram. Dengan begitu, ibu rumah tangga memperoleh akses ekonomi lebih luas dengan bekerja paruh waktu di rumah.

Untuk memenuhi kebutuhan mentor Coding Mum, Bekraf mengadakan program Training of Trainer di kota-kota pelaksanaan kegiatan Coding Mum. Program ini bertujuan memberikan keterampilan tambahan kepada para pelaku kreatif berlatar IT front-end programming dalam melakukan pendampingan terhadap peserta Coding Mum.

Setelah proyek percontohan yang disubsidi oleh Bekraf ini selesai, para peserta diharapkan bisa membuka kelas Coding Mum berbayar. Dengan demikian, Bekraf juga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para mentor Coding Mum.

Selama pilot project  Coding Mum berlangsung, Bekraf akan terus memantau dan mengevaluasi kurikulum dan cara ajar. Pada akhir tahun, diharapkan kegiatan Coding Mum sudah memiliki kurikulum yang tertata dan solid. Sehingga, peserta Coding Mum dari berbagai daerah bisa mengakses  kurikulum dan cara ajar secara online.

Selain itu, setiap lulusan program Coding Mum akan terhubung dengan jaringan Sribulancer.com yang menjadi tempat para sponsor memberikan pekerjaan secara langsung. Dari lulusan pertama Coding Mum, sebagian peserta sudah mendapatkan pekerjaan komersial. Beberapa start-up atau perusahaan yang sudah siap menyerap lulusan program Coding Mum antara lain Telunjuk.com, Tokopedia, 7 Langit, dan 7-Eleven Digital.

Hingga akhir tahun, program Coding Mum ditargerkan menghasilkan 70 orang lulusan, 30 mentor, dan 600 lulusan khusus kelas berbayar. Meski begitu, jika ada permintaan kelas Coding Mum di kota lainnya, jumlah lulusan dan mentor bakal bertambah. Tidak menutup kemungkinan, Bekraf akan menambah kelas Training of Trainer. Sekadar informasi, program Coding Mum saat ini telah mencetak lulusan satu angkatan sebanyak 10 orang. (ibl)