Keluarga

Cake Jadul untuk Sarapan

Author: Rugadi, 12 Feb 2019 11:45 Wib

Cake Jadul untuk Sarapan

Tidak sempat atau bosan dengan menu yang itu-itu saja adalah dua dari sekian banyak alasan seseorang untuk tidak sarapan. Tidak sempat karena pagi adalah waktu yang pendek untuk menyiapkan segala keperluan sebelum ke kantor atau mengantar anak ke sekolah.

Cara praktis yang bisa dilakukan adalah menyiapkan menu sarapan pada malam hari. Membuat camilan sederhana seperti roti dilapis cream coklat atau parutan keju. Atau sereal dengan susu segar, aneka buah-buahan, atau biskuit dengan segelas coklat hangat bisa dipilih.

Untuk sebagian orang, sarapan dengan makanan berat kadang jadi pilihan. Sedikit nasi, sayuran ditumis dan lauk, nasi goreng plus telur ceplok, atau nasi uduk dengan taburan ayam suwir. Yang terpenting, menu sarapan bisa mengganjal perut sampai sebelum jam makan siang.

Sarapan sangat bermanfaat, terutama untuk konsentrasi, menambah energi dan mengurangi risiko stres. Jadi mulailah hari-hari sebelum beraktivitas dengan sarapan, kecuali jika sedang berpuasa.

Berikut menu alternatif untuk sarapan, Marmer Cake, tanpa pengembang atau cake jadul, resep Rina Rinso. Rasanya lebih enak dan lembut dibanding yang biasa dibuat dengan menggunakan pengembang.

Bahan:
200 gr mentega
6 kuning telur
4 putih telur
Gula halus 175 gr
Terigu 150 gr
1 sdm coklat bubuk

Cara membuat:
Kocok gula halus dan mentega sampai berwarna pucat, lalu masukkan kuning telur, masukkan terigu.

Kocok putih telur terpisah, setelah itu campur dalam adonan. Ambil sedikit untuk campuran coklat, masukkan loyang bergantian antara adonan putih dan coklat. Panggang lebih kurang 45 menit.