Hobi

Puncak Merah Putih: 30 Menit Menapak Puncak

Author: Rahmi Hidayati, 13 Feb 2019 17:34 Wib

Puncak Merah Putih: 30 Menit Menapak Puncak

Mendaki gunung tidak selalu melelahkan. Tergantung kondisi medan, jarak tempuh, dan kemampuan fisik pendaki tentu saja. Salah satu yang asyik didaki pemula, indah pula pemandangannya, adalah Puncak Merah Putih yang dulu dikenal dengan nama Puncak Tugu.

Puncak berpemandangan indah itu bisa ditempuh antara 30 – 60 menit. Di papan kecil yang ditancapkan disana tertulis 1945 mdpl (meter di atas permukaan laut).  Artinya pendakian ke atas hanya sekitar 200 meter, mengingat start pendakian dari pinggir jalan ada di 1700 mdpl.

Puncak Merah Putih ini terletak di Dusun Sikucing, Desa Yosorejo, Kecamatan Petung Kriyono. Untuk mencapai titik start pendakian, diperlukan sekitar 2 jam dari stasiun kereta api yang terletak di Kota Pekalongan.  Tak akan bosan kita karena disuguhi pemandangan indah di sepanjang perjalanan. Rangkaian Pegunungan Kendeng , sawah terbentang, sungai dengan air jernih dan bebatuan besar, serta perumahan penduduk akan menjadi lukisan yang memanjakan mata tiada henti.

Di Puncak Merah Putih, hamparan sawah dan perumahan penduduk akan terlihat jelas. Di sisi Selatan akan terlihat Kabupaten Banjarnegara sementara di sisi Utara terlihat Kota Pekalongan dan Kota Batang. Bila cuaca cerah, gunung Slamet di Barat dan gunung Sindoro di Tenggara akan terlihat indah di balik kabut tipis.

Dinamai Puncak Tugu karena terdapat peninggalan Belanda berupa baru bewarna putih berukuran 40×40 sentimeter, dengan tinggi sekitar 70 cm. Batu berbentuk stupa ini konon dibuat di awal abad 18. Namanya berubah menjadi Puncak Merah Putih pada akhir Juli 2017.

Saat itu Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dan Dandim 0710 Pekalongan Letkol Heri Bambang Wahyudi mengibarkan bendera merah putih raksasa di puncak gunung. Sementara para pejabat Pemda dan komunitas pecinta alam mengibarkan 73 bendera merah putih dalam rangka menyambut 73 tahun Kemerdekaan RI. “Mulai hari ini, kita namai Puncak Merah Putih,” kata Bupati setelah bendera berkibar dengan megahnya menghiasi langit biru yang menjadi saksi saat itu.

Asyiknya mendaki Puncak Merah Putih ini adalah terdapatnya beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi di sekitar situ. Ada beberapa air terjun yang indah luar biasa. Sebut saja Curug Bajing, Curug Muncar, dan Curug Lawe. Ketinggiannya bahkan mencapai 140 meter. Ada pula wisata sungai yang dinamai Balack Canyon karena di aliran sungai tersebut terdapat batu-batu raksasa bewarna hitam pekat.

Enaknya, pendakian Puncak Merah Putih dilakukan sore hari sehingga dapat menikmati indahnya langit saat matahari terbenam. Dirikan tenda di sekitar puncak dan bermalam lah disana, di bawah taburan bintang di atas langit dan kedipan lampu perumahan penduduk di bagian bawah. Saat matahari terbit, akan tak henti kita bersyukur karena diberi kesempatan menikmati keindahan ciptaannya yang luar biasa.

Yuk para pendaki pemula, siapkan ransel mu. Mari kita sambangi puncak gunung yang menyenangkan ini….